Memahami Jenis-Jenis Kamera

Memahami Jenis-Jenis Kamera

           Kamera Digital atau disebut juga dengan Digicam adalah sebuah kamera yang menghasilkan gambar yang dapat disimpan dalam memori digital, ditampilkan pada layar, serta dicetak pada media fisik. Kamera Digital sendiri dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat lainnya seperti PDA atau telepon kamera.


A. JENIS-JENIS KAMERA DIGITAL - KARAKTERISTIK 

     Adapun berbagai jenis kamera sebagai berikut : 
 
1. Basic Digital Camera
    Basic Digital Camera umumnya berukuran sangat kecil atau terpasang pada perangkat yang multifungsi seperti telepon pintar atau camcorder. Kamera telepon dirancang untuk mengirim gambar-gambar thumbnail ke telepon lain atau alamat surat elektronik. 

2. Compact Camera 
    Pada Compact Digital Camera biasanya terdapat kontrol kreatif yang lebih besar dibandingkan dengan kontrol kreatif yang ditemukan pada kamera film serupa. Selain itu, Compact Digital Camera juga memiliki jumlah pixel serta resolusi maximum yang bervariasi. Pada kamera digital sering kali terdapat beberapa kontrol terhadap kecepatan rana, aperture, keseimbangan warna dan fokus. 

3. Rugged Camera 
    Kamera saku digital yang satu ini merupakan kamera saku yang tangguh dalam memberikan perlindungan terhadap perendaman, kondisi panas dan dingin, guncangan dan tekanan. Istilah Rugged digunakan untuk menggambarkan berbagai karakteristik yang dimiliki oleh kamera ini seperti tahan air, tahan dingin, tahan panas, tahan guncangan dan benturan. 
   Kekurangan kamera jenis ini terletak pada fitur yang dimiliki  oleh kamera jenis ini yang tidak seperti fitur yang dimiliki oleh kamera saku biasa.
   Kelebihannya adalah kamera jenis memiliki fitur video yang mampu merekam suara.

4. Action Camera 
    Berbagai merk kamera seperti GoPro dan lain-lain menawarkan action digital kamera yang tangguh, kecil dan mudah dipasang pada helm, lengan, sepeda dan lain-lain. Sebagian besar kamera jenis ini memiliki sudut lebar, fokus tetap, dan dapat mengambil gambar diam serta video dengan suara. Umumnya, kamera jenis ini dilengkapi dengan pelindung tahan air, berbagai aksesori, serta pemasangan yang sesuai. 

5. 360- degree Digital Camera
    Kamera Digital 360 derajat dapat mengambil gambar atau video 360 derajat dengan menggunakan dua lensa back-to-back dan mengambil gambar pada saat yang bersamaan. Kamera digital 360 derajat dilengkapi dengan mode virtual reality, build-in stitching, wifi dan bluetooth. 

6. Bridge Camera atau Super Zoom Camera 
    Bridge camera atau dikenal juga dengan advanced compact camera adalah basic compact camera tingkat lanjut. Kamera jenis ini secara fisik mirip dengan kamera digital DSLR dan karena itu lah kamera ini terkadang disebut juga dengan DSLR-shape atau DSLR-like.

7. Compact System Camera atau Mirrosless Interchangeble Lens Camera
    Kamera jenis ini memiliki kesamaan dengan kamera DSLR yang memungkinkan bagi fotografer untuk menggunakan kamera ini dalam mode manual penuh, otomatis, atau semi otomatis sebagaimana kamera DSLR. 
    Beberapa produsen kamera menggunakan nama compact system camera dan beberapa produsen lainnya menggunakan nama mirrorless interchangeble lens camera. Namun keduanya merujuk jenis kamera yang sama.
    Beberapa fitur yang dimiliki oleh kamera jenis ini adalah lensa kamera yang dapat diganti dan berukuran lebih kecil dari kamera DSLR. Kamera jenis ini dilengkapi dengan layar LCD dan atau jendela bidik elektronik untuk melihat pratinjau adegan yang akan difoto.

8. DSLR Camera atau Digital Single Lens Reflex Camera 
    Kamera DSLR adalah kamera yang banyak terdapat dipasaran. Kamera DSLR memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan kamera saku. Kamera jenis ini menggunakan cermin reflex yang dapat merefeksikan cahaya dan terdapat berbagai macam mode pengambilan gambar seperti manual penuh, otomatis, aperture priority, program dan shutter priority. Lensa pada kamera pada kamera jenis ini juga dapat dilepas atau diganti dengan lensa lain yang memiliki panjang titik fokus mencapai 200 mm. Kamera DSLR memungkinkan kita untuk menggunakan beragam lensa zoom dengan rentang zoom yang berbeda.

9. Digital Rangefinder Camera
    Digital rangefinder camera adalah kamera pengintai yang dilengkapi dengan alat pengintai jarak jauh. Alat ini berfungsi untuk mengukur jarak subyek dengan cara menyesuaikan fokus lensa obyektif kamera berdasarkan open-loop controller. Mekanisme pengaturan jarak dan lensa dapat dilakukan secara bersama-sama ataupun tidak. Sebagian besar kamera mencapai fokus melalui analisis gambar yang diambil oleh lensa obyektif dan estimasi jarak.

10. Camera DSLT atau Digital Single Lens Translucent Camera
      Camera DSLT memiliki perbedaan dengan kamera DSLR dalam hal cermin yang digunakan. Dalam kamera DSLT, yang digunakan adalah cermin translucent tetap atau cermin transmisif atau cermin semi transparan. Bagian kecil cahaya direflesikan ke sensor autofocus sementara bagian sinar cahaya yang lain melewati cermin translucent. Kamera jenis ini mampu merekam 7 hingga 10 bingkai gambar perdetik.






Komentar

  1. Yah menurut saya ini terlalu sangat mendidik dan ini harus dikembangkan agar kamu menjadi bebep saya

    BalasHapus
  2. Iloveyouuuudarll❤❤❤❤❤❤❤❤😍😍😍😍😍

    BalasHapus

Posting Komentar